Apa itu customer centric ?


Jika dicermati makna kalimat tersebut akan mengacu pada pedoman yang menjadikan konsumen sebagai tolak ukur utama dalam menjalankan bisnis perusahaan sehingga kebijakannya tersebut selalu memperhatikan kebutuhan konsumen dan memperhatikan pelayanan yang terbaik namun sebenarnya istilah ini memang berfokus terhadap pelanggan merupakan konsumen yang harus dihormati dengan diberikan layanan yang memuaskan, karena dapat diasumsikan konsep ini merupakan salah satu karakteristik produk yang tergolong paling efektif untuk menciptakan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia digital yang saat ini banyak memberikan akses kemudah atas setiap kebutuhan yang diharapkan.

Sebenarnya customer centric tergolong cukup baik untuk diaplikasikan dikalangan para pengusaha namun masih banyak dari meraka yang belum mengaplikasikannya dengan baik,  padahal harus disadari bahwa konsumenlah yang berperan penting dalam keberhasilan strategi pemasaran yang diterapkan Oleh karena itu hal tersebut menjadi prioritas dengan menunjukkan kepada konsumen atas faktor lain yang menggunakan panduan intuitif dan data tentang perilaku mereka yang sedikit kurang relevan dengan situasi saat ini, maka dari itulah perubahan sangat diperlukan, karena sekarang telah memasuki era digital sehingga telah mengubah cara pandang setra tindakan dalam mencari barang yang dinginkan apalagi sekarang hanya perlu membuat sebuah perangkat ponsel pinter apapun yang kita inginkan semua telah ada dan mudah untuk membelinya tanpa harus merasa takut untuk tertipu.

Metode implementasi customer centric

Untuk sebuah perusahaan sebenarnya jika ingin menerapkan cara ini tidak begitu sulit kok namun pada umumnya biasanya menggunakan beberapa langkah antara lain. Selalu menanamkan motto menghormati konsumen. Ini harus dimulai dari awal dan biasanya seorang karyawan harus mengikuti pelatihan sebelum bekerja bisa dibilang uji kompetensi dengan memahami visi dan misi serta menggunakan media lain yang sejalan dengan tujuan perusahaan, sehingga pada saat setiap karyawan masuk, kepuasan pelanggan harus selalu diutamakan karena poin ini memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kemajuan Perusahaan.

Selain itu sangat tidak diperbolehkan melakukan tindakan dalam membeda-bedakan konsumen karena semuanya sangat pentin, sekali , meskipun dapat dianalisis menggunakan metode pengolahan data kuantitatif, tetapi  saja setiap pelanggan semua unik sehingga sangat sulit untuk ditebak maka dari itulah pengalaman mereka dengan produk Anda yang dijelaskan secara detail merupakan salah satu daya tarik yang tergolong efektif.

Selain itu dari pihal perusahaan perlu melakukan survei secara berkala terhadap keputusan konsumen dan untuk metode yang paling mudah bisa dilakukan dengan cara menggunakan layanan media sosial sebagai alat pengumpulan informasi terharap komsumen yang akan dijadikan target untuk pemasaran barang. Terkadang yang biasanya perusahaan sering lupa untuk memberikan penghargaan kepada setiap karyawan yang telah memberikan kinerja yang berkualitas dalam jangka waktu tertentu karena jika tidak dilakukan akan berdampak negatif terhadap perkembangan perusahaan kedepannya.


Cara menerapkan customer centric

Adapaun langkah yang harus diambil Sebelum mengambil sebuah tindakan alangkah baiknya dimulai dari pemilihan bahan dilanjutkan cara membuatnya, proses pemasaran dan penjualan hingga pelayanan, semuanya harus dimulai dengan memahami siapa dan apa yang dibutuhkan konsumen semuanya harus lengkap jelas dan detail agar kedepannya tujuan yang ingin kita capai lebih mudah terealisasikan dengan baik. Untuk tindakan selainnya yaitu dengan mendapatkan gambaran konsumen yang lebih jelas karena akan sangat tidak mungkin mendekati gambaran tersebut jika gambaran tersebut tidak terstruktur secara detail, maka dari itu kumpulkan data lengkap dari data pribadi, pekerjaan, kebiasaan dan lain-lain.

Jangan lupa harus memahami betul kebutuhan setiap konsumen soalnya kebiasaan pengusaha selalu menunjukkan bahwa produk yang ditawarkannya sangat bagus dan berkualitas, walaupun tanpa kita sadari mereka belum tentu membutuhkannya, disinilah keunikan konsumen maka dari itu kita membutuhkan memperlakukan setiap orang dengan cara yang berbeda oleh sebeb itu memiliki data yang lengkap merupakan hal yang harus dimiliki sehingga dapat menelusuri setiap konsumen dengan benar.

Contoh customer centric

Memperoleh pelanggan baru seringkali mahal atau sulit, mengharuskan perusahaan untuk menawarkan diskon atau promosi sehingga bisnis mendapatkan lebih banyak dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan menjual lebih banyak. Misalnya, restoran Pecel Lele menambahkan menu ayam kampung dan minuman ke dalam daftar menunya, yang memberikan tambahan uang untuk setiap pelanggan lama yang memesan menu baru.

Untuk contohnya yang lebih konkret sepert halnya pada perusahaan Apple yang mendesain smartphone dan kemudian menciptakan ekosistem mandiri di sekitarnya untuk mempertahankan pengalaman konsumen yang mulus dan aman. Retensi pelanggan yang sebenarnya tidak sesederhana contoh di atas, tetapi membutuhkan pemikiran dan pertimbangan yang matang akan kebutuhan konsumen berdasarkan fakta dan prediksi.

Oleh karena itulah setiap bisnis perlu melakukan banyak upaya setelah penjualan serta upaya sebelumnya untuk menarik konsumen baru dan mempertahankan yang sudah ada. Itu juga harus meningkatkan loyalitas konsumen dan mempromosikan loyalitas pelanggan, tentu saja ada batasan alami untuk jumlah produk dan layanan yang dapat ditawarkan perusahaan sambil mempertahankan kualitas tinggi, perusahaan yang berorientasi konsumen atau berorientasi pelanggan memperluas penawaran layanan mereka terlalu luas sehingga menjadikannya penawaran inti yang membedakan mereka sejak awal.

Manfaat Customer Centric

Secara garis besar atas penerapan konsep customer centric menghasilkan beberapa manfaat diantaranya sebagai berikut. Akan adanya realisasi nilai-nilai dari pelanggan individual sehingga dapat dijadikan redefinisi  sehingga kedepannya akan lebih berfokus dalam mengutamakan selara konsumen yang dapat meningkatkan konversi penjualan perusahaan. Kalo dari aspek Hubungan Mitra ini akan memberikan aspek positif untuk jangka panjang dan ini sangat berbeda sekali dibandingkan dengan jumlah transaksi yang banyak tetapi tidak memiliki hubungan jangka panjang antar mitra, dengan adanya penerapan konsep seperti ini akan meningkatkan loyalitas para mitra terhadap perusahaan sehingga dapat meningkatkan profit dan keuntungan perusahaan secara konsisten

Disini kita harus berfokus kepada konsumen terhadap apa yang meraka inginkan setra minati sehingga kedepannya akan dapat mendorong keselarasan antara nilai konsumen dengan kapabilitas perusahaan berdasarkan sistem balikan pasar yang mengukur kesinambungan perilaku, kepuasan dan kebutuhan konsumen sehingga dapat mencerminkan gagasan bahwa pemasaran merupakan “a state of mind” yang tidak hanya dibatasi hanya satu bidang fungsional, sehingga dari kondisi ini nanti dapat berimplikasi pada perubahan relasi antar elemen yang dasar dalam sistem pemasaran 4C yang meliputi customer, competitor, channel member dan company secara tersistem dengan baik.


Cara memaksimalkan Customer Centric

Disini akan kami uraikan terhadap beberapa aspek yang sangat dibutuhkan sekaligus diperlukan didalam menerapkan sistem tersebut agar lebih agar kedepannya efektif  diantaranya sebagai berikut. Didalam menggunakan mekanisme Segmentasi Pasar ini merupakan konsep mengelola grup konsumen berdasarkan demografis maka disini kita dapat tetap fokus pada keinginan, kebutuhan, dan selera unik masing-masing segmen pasar terus untuk Brand yang dibangun dengan fokus pada segmen tertentu dapat memberikan keuntungan bisnis yang lebih maksimal baik itu jangka pendek ataupun panjang.

Mengimplementasikan sistem  Laser Fokus sehingga setiap Pelanggan ingin merasa spesial dan dihargai soalnya telah diberikan pelayanan yang memuaskan, untuk sebuah perusahaan didalam mengembangkan segmen pasar hanya berdasarkan pada jenis kelamin atau usia itu masih jauh lebih baik daripada tidak sama sekali namun akan jauh lebih baik apabila Anda mempersempit dan mempertajam segmentasi pasar menjadi semakin spesifik secara detail, dan jangan terlalu Fokus ketingkat Individual soalnya Segmentasi sederhana tidak akan cukup untuk membuat pelanggan Anda benar-benar terkesan sehingga membutuhkan metode tersendiri agar kondisi tersebut dapat tercapai semua ini hanya bisa dilakukan dengan cara Eksperimen dengan mengaplikasikan berbagai jenis konsep yang unik dan menarik.

Trick Customer Centricity agar menguntungkan

Ditinjau berdasarkan dari beberapa penelitian yang ada untuk perusahaan yang menerapkan customer centricity mayoritas mendapatkan keuntungan hingga  50% - 70% lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak melakukan sama sekali dan disini kami akan jelaskan tentang beberapa asalan kenapa bisnis tersebut dapat sukses kerana telah mengadopsi konsep tersebut antara lain. pada poin yang  pertama maka disini kamu lebih mudah untuk menentukan arah pengembangan produk kamu soalnya telah mengutamakan feedback dari pelanggan sehingga kedepannya tidak perlu terlalu bingung harus melakukan apa untuk meningkatkan kualitas produk cukup dengan mengumpulkan customer feedback, soalnya disana kan sudah jelas apa yang diinginkan oleh pengguna produk kamu dan setelah itu penuhi apa yang meraka inginkan.

Untuk tahap selanjutnya kepada setiap pelanggan setia terhadap produk kamu nanti pada akhir dari satu penjualan bukan berarti konsumen tidak akan butuh lagi di masa depan, disini yang harus dilakukan yaitu sedikit desain untuk melakukan sebuah experience yang mudah setra memberikan kenyaman terhadap produk kamu sehingga akan berkesan bagi konsumen sehingga diharapkan kembali lagi untuk membeli produk tersebut di waktu yang akan datang, pokoknya kunci agar banyak komsumen selalu memberikan pelayanan yang bagus dan berkualitas disinilah meraka akan merasa nyaman dan menjadi langganan tetap.

 

 


*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post