Apa itu Abastur ?



Pengertian Abastur


Abastur adalah merupakan salah satu even Pameran tahunan terbesar di wilayah Amerika selatan tepatnya di selengarakan di ibukota Mexico City negara Meksiko yang memamerkan aneka produk layanan dibidang pariwisata , perhotelan ,furniture, produk batu alam, kerajinan, souvenir, restoran, kedai kopi dan catering. Dalam Pameran Abastur untuk pihak penyelenggara pameran akan mengundang para pebisnis dan pengusaha mancanegara termasuk Indonesia untuk hadir dan berpartisipasi memamerkan dan mempromosikan berbagai produk unggulan dalam rangka memperkenalkan dan menarik minat masyarakat Meksiko pada khususnya dan masyarakat amerika utara dan amerika selatan pada umumnya sehingga berpotensi mampu membuka segmen dan perluasan pasar baru diwilayah sana. sebenarnya Abastur merupakan saran untuk sebuah ajang promosi dan perkenalan dari banyak produsen di berbagai negara dengan calon konsumen potensial yang berasal dari berbagai belahan dunia pula. Sederhananya, Abastur itu mirip dengan pameran bisnis pada umumnya namun yang membuatnya unik adalah kekhususnya pada sektor perhotelan, restoran, dan katering.


bahkan untuk negara Indonesia juga turut serta hadir memamerkan produknya pada pameran industri perhotelan di tahun 2021 ini. Pada moment tersebut negara kita telah berhasil mendapatkan 70-100 ribu dolar potensi transaksi, soalnya untuk produk yang dipamerkan tentunya merupakan selalu berhubungan dengan industri perhotelan, antara lain produk dekorasi dinding untuk dalam dan luar ruangan, wastafel, bak mandi berbahan bata alam, dan lantai kolam renang dan untuk Produk makanan yang dihadirkan delegasi Indonesia adalah Karlogistik (kopi) soalnya dari Produk-produk kerajinan dari Indonesia menarik perhatian karena memiliki keunikan tersendiri dan nilai estetik tradisional yang mampu dihadirkan produk kerajinan tersebut.


Ruang lingkup Abastur


Sebenarnya telah terdapat beberapa jenis perusahaan yang terlibat dalam Abastur mulai dari, Perusahaan furnitur, desain interior, peralatan elektronik, produk makanan dan minuman setra Peralatan masak. dan kebetulan pada Abastur tahun 2021 yang diselenggarakan di Mexico City pada 29 September hingga 1 Oktober lalu juga melibatkan beberapa pebisnis dari Indonesia. Kebetulan ada 3 bisnis dari Indonesia yang mengikuti even tersebut atas undangan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) antara lain yaitu, Sukabumi Stone, produsen dekorasi dan desain interior yang mengkhususkan diri pada bahan batu alam, terus Rattan Importa, produsen furnitur berbahan rotan, Karlogistik setra produsen kopi. dari disini memperoleh hasil yang tergolong cukup menggembirakan, dimana dalam tiga hari pameran tersebut, secara total ketiga perusahaan ini bisa mencetak potensi transaksi sebesar 70 ribu USD sekaligus mendapatkan 40 buyer potensial yang bisa saja menjadi konsumen mereka di masa depan. Memang belum tentu perusahaan peserta Abastur langsung mendapat hasil instan dan tahu-tahu langsung memiliki banyak konsumen. Tapi dengan tampil di pameran seperti ini, perusahaan akan lebih dikenal dan melahirkan banyak potensi konsumen baru.


maka dari itulah sistem Abastur ini bisa menjadi contoh bagi pemerintah dan berbagai pihak yang berperan dalam perkembangan bisnis Indonesia. Indonesia bisa saja mengambil contoh even ini sebagai benchmark dan membuat pameran bisnis sendiri dengan tujuan untuk memajukan bisnis-bisnis khususnya UKM di Indonesia. Karena pameran memang sangat penting bagi perkembangan sebuah bisnis, khususnya bisnis yang baru merintis. Dalam even seperti inilah sebuah bisnis bisa saja meledak karena bertemu dengan konsumen potensial.


Apa manfaat dari Abastur ?


Sebagai Media promosi produk baru bagi produsen, karena untuk Setiap produsen akan berusaha menjual produknya sebanyak mungkin untuk mendapat laba seoptimal mungkin. Selain memasarkan secara mulut ke mulut, mereka memanfaatkan berbagai cara untuk membuat lebih banyak masyarakat tahu keberadaan produknya mulai dari membuat iklan di TV hingga mengikuti pameran. Nah, Abastur inilah akan menjadi solusi bagi produsen produk khusus di sektor hospitality seperti perhotelan hingga restoran untuk mempromosikan produknya. dan selain itu dapat juga dimanfaatkan sebagai Tempat mencari produk terbaru bagi pelaku usaha sektor hospitality, soalnya gini untuk mekanisme dalam pengelola event tersebut akan memberi tahu kepada khalayak ramai tentang acara pameran tersebut dengan harapan ada banyak masyarakat terutama pelaku usaha pemilik hotel atau restoran berkunjung melihat berbagai produk dan inovasi terkini yang diharapkan meningkatkan kenyamanan tamu sekaligus meningkatkan efisiensi biaya operasional.



Keuntungan Abastur Bagi Indonesia


dengan mengikuti pameran seperti ini akan membuat produk yang dimiliki oleh seorang pengusaha bisa menembus pasar International dan dikenal di seluruh dunia. Melalui tim ahli dalam bisnis dan pemasaran, Produk yang ditawarkan di Abastur akan menjadi produk populer dan dikenal dunia, selain itu produsen akan mendapatkan pembeli potensial dan berkualitas karena melibatkan manager, direktur, pengusaha dan pemain kunci dalam industri dan bisnis. soalnya gini dari peserta yang berkesempatan bertemu dengan 19 ribu klien potensial karena Abastur merupakan lantai bisnis terbesar yang ada di Amerika Latin. Selain peserta berkesempatan menawarkan produknya di tingkat global, peserta juga bisa mendapatkan pengalaman bisnis baru dan memiliki strategi digital yang bagus untuk pemasaran produk.


kita tau bahwa Mexico merupakan negara Amerika Latin yang berbatasan langsung dengan Amerika Serikat, jadi negara ini bisa juga menjadi pintu masuk ke pasar Amerika Serikat. Kehadiran berbagai pengunjung dari berbagai negara merupakan peluang untuk mengenalkan produk perhotelan dari Indonesia kepada dunia secara umum, dan kepada negara-negara Amerika Lating secara khusus. Nilai perdagangan Indonesia dengan negara-negara Amerika Lating terhitung tidak besar, ini berarti terdapat potensi besar untuk mengembangkan hubungan dagang ini. Bagi perusahaan-perusahaan domestik Indonesia, ajang Abastus dapat menjadi pintu untuk memasuki pasar Amerika Latin yang luas dan berpenduduk banyak.


Peningkatan ekspor produk perhotelan Indonesia ke negara-negara Amerika Lating tentunya dapat meningkatkan pendapatan devisa negara. Bagi industri produk perhotelan dalam negeri peluang untuk menghasilkan penjualan yang lebih besar karena jumlah penduduk kawasan tersebut yang banyak, dan pasar ini belum banyak di garap oleh industri produk perhotelan dari Indonesia, jadi persaingan sesama produsen Indonesia terhitung minim.


Dampak Abastur pada Ekonomi


dengan adanya sebuah Acara Abastur yang sudah mulai dilakukan sejak 35 tahun  lalu dan pada tahun 2021 ini Abastur dilaksanakan selama kurang lebih dibawah satu minggu, sehingga dengan digelarkan hajatan besar tersebut maka diharapkan akan memberikan dampak yang positif bagi para peserta sehingga nantinya akan meningkatkan pendapatan terhadap sektor tertantu sehingga hal ini akan dapat menyumbang PDB negaranya. dan untuk setiap peserta dalam acara even tersebut, ini tidak hanya bagi mereka yang berasal dari Mexico akan tetapi dari banyak negara lain seperti Amerika Serikat, Brazil, China, India, Mesir, Turki, Indonesia, Perancis dan lain-lain. Total perputaran uang dalam waktu beberapa hari saja terhadap penyelenggaraan abastur termasuk besar karena bisa mencapai angka diatas 50 juta dollar, sehingga Tentu ini bukan hanya sebatas acara jangka pendek namun kedepannya akan memberikan dampak postif sampai jangka panjang karena biasanya dari pihak klien akan menandatangani kontrak dengan pengusaha dengan nilai yang tidak lah kecil, oleh sebab itu penerapan Abastur ini memang benar-benar menjadi wadah untuk promosi yang tergolong sangat efektif sekali bagai para pengusaha.











*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post