Apa itu Degen Crypto ?


Sebenernya istilah kalimat tersebut merupakan kependekan dari Degenerate mengacu pada coin crypto yang sudah berubah kondisinya dan tidak seperti layaknya aset cryptocurrency secara umum, hal tersebut sudah tergolong sangat lumayan sekali dikarenakan model coin tersebut menggambarkan sebuah simbol digital yang bisa saja bernilai namun bukan secara intrinsik sehingga kebanyakan Orang akan lebih cenderung membeli degen atas dasar ikut-ikutan trend terbaru hanya demi kepuasan sendiri atau ingin diakui oleh orang lain, sedangkan didalam istilah ekonomi Degen sangat mirip sekali dengan FOMO merupakan aksi ikut-ikutan terhadap sesuatu yang sedang menjadi trend atau sedang viral karena takut dianggap tidak kekinian.tapi bukan berarti setiap tidak didasarkan pada fundamental atau nilai yang sebenarnya namun Degen hanya diperdagangkan melalui mekanisme tanpa melalui due diligence artinya tidak melalui aktivitas audit atau investigasi terhadap sebuah riwayat dari coin crypto tetapi atas dasar meniru sinyal setra tidak mengenal terkait ukuran nilai dari crypto tersebut seperti TVL (Total Value Locked) yang merupakan sebuah metrik yang digunakan untuk mengukur kesehatan sebuah DeFi atau mudahnya underlying aset crypto sehingga sangat sering digunakan oleh Investor untuk mengetahui apakah sebuah crypto memiliki masa depan yang bagus atau justru tidak terurus dan ditinggalkan oleh developernya.


Pada dasarnya aset Degen merupakan berbagai jenis mata uang kripto atau token dengan karakteristik seperti kapitalisasi pasar yang sangat kecil dengan tingkat volatilitas luar biasa besar sehingga resikonya juga sangat besar,Jika berkaca dengan pasar saham Indonesia yang mengenal saham gorengan maka degen crypto dapat dikategorikan sebagai “crypto gorengan” yang sangat lekat dengan aksi pump and dump atau “pom pom” dimana harga akan dibuat terbang sangat tinggi untuk menarik minat investor pemula dalam berinvestasi dan melakukan penjualan secara besar-besaran untuk merealisasikan keuntungan pada saat sudah banyak investor lain yang berpartisipasi akhirnya hanya sebagain kecil orang yang Untung dan kebanyakan mengalami kerugian semua ini dilakukan oleh meraka yang sanggup mengendalaikan harga hanya untuk kepentingan individual ataupun kelompok saja.



Mekanisme Degen Crypto

Sebenarnya yang terjadi sekarang ini untuk Degen itu diperdagangkan bukan karena nilai yang seharusnya melaikan sebuah nominal tergantung dari persepsi pengguna kenapa tertarik dengan aset itu sendiri maka dari itu terkadang pergerakan harga tidak bisa stabil, lebih parahnya lagi mereka tidak mempeduli dengan nilai crypto yang didasarkan pada uji tuntas, penelitian, TVL, TDL dan sebagainya tetapi hanya berdasarkan persepsi dan pengakuan dari orang lain hanya itu saja, contohnya gini ada seseorang membeli degen crypto hanya karena suka dengan logonya yang lucu atau karena ada gambar anime favorit mereka yang sedang digandrungi di Internet dan sebagainya kurang lebih seperti itulah faktornya maka dari itu kalo dijadikan investasi jangka panjang degen itu sangat tidak dianjutkan apalagi menaruk modal dengan angka yang sangat besar sekali bisa-bisa anda akan mengalami kerugian nantinya. dan kebiasaan yang sering sekali diamati Trader crypto umumnya membeli degen atas dasar keyakinan bahwa orang-orang akan terpengaruh dan terbawa suasana sehingga ikut membeli aset tersebut dan nilainya menjadi sangat mahal. Tujuan dari pembelian crypto yang tidak memperdulikan tentang nilai fundamental sebuah crypto adalah untuk berspekulasi atau mendapatkan keuntungan secara cepat dengan memanfaatkan emosi, perasaan dan psikologi seseorang saja Tetapi perlu diingat bahwa membeli degen crypto memiliki resiko tinggi karena skema ini mirip dengan bubble ekonomi yang bisa kapan saja meledak.


bisa kita diilustrasikan sebagai berikut, sanggap saja dalam waktu dekat developer meluncurkan sebuah koin dengan harga katakanlah $0.1per koin, dan Kemudian dilakukan aksi goreng menggoreng koin, sehingga Hasilnya banyak pelaku pasar yang tertarik dan perlahan harga koin naik. Nah disinilah psikologis dan emosi manusia berperan. Manusia memiliki kecenderungan merasa aman bila tindakannya sama dengan apa yang dilakukan orang lain, dan ada perasaan takut ketinggalan terutama kalau sudah terkait masalah investasi dan uang. Ditambah dengan perasaan serakah dan ingin mendapatkan keuntungan cepat, maka inilah faktor utama yang membuat koin-koin aneh dan tak jelas harganya bisa melesat dengan cepat dalam waktu singkat.


Jadi intinya, degen crypto itu adalah aksi 'pump' dari sebuah koin gorengan. Bila seandainya harga koin memang berhasil naik cukup banyak, maka tentu saja pembeli koin bisa mendapatkan keuntungan, bahkan berlipat-lipat dari modal. Sekarang bayangkan saja bila sebuah koin harganya $0.1 dan setelah kena fenomena harganya langsung seketika melonjak jadi $10, maka artinya aset kita berlipat ganda menjadi puluhan kali lipat tapi bila ternyata degen crypto ini tidak berhasil, maka yang ada koin malah akan menjadi koin gagal alias koin sampah dan menjadi tidak bernilai. Bagi seseorang dengan jiwa spekulatif tinggi bisanya memang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan keuntungan 'instan' soalnya meraka sudah faham bagaimana caranya masuk dan keluar pasar dengan aset model seperti itu hal ini disebabkan karena faktor pengalaman.


Bagaimana cara untuk mendapatkan keuntungan dari degen crypto?

lakukan sebuah riset secara mendalam dan berkala. biasanya setiap tahunnya akan selalu muncul mata uang kripto atau token yang baru diluncurkan dengan berbagai latar belakang dan tujuan. Pada umumnya token dengan latar belakang kuat dan tujuan yang jelas berpotensi lebih besar untuk dibeli oleh para investor yang membuat harganya meningkat pesat. Nah, disinilah tugas anda yang tertarik melakukan “degen” untuk melakukan sortir dan riset yang mendalam sehingga dapat menemukan koin yang berkualitas di harga sangat murah dengan potensi mengalami peningkatan ribuan persen di masa depan. Pastikan bahwa anda sudah berinvestasi pada sebuah koin sebelum merasa “Fear of Missing Out” Jadi aktivitas pump and dump tetap harus didasarkan pada fundamental yang cukup baik untuk menarik lebih banyak investor mulai dari yang rasional hingga irasional.


Sedangkan mekanisme melakukan riset mendalam terhadap setiap koin terbaru anda dapat mendownload “white paper”nya dan membaca setiap detail yang ditulis sekaligus melakukan riset mengenai setiap pihak yang terkait mulai dari latar belakang developer serta sponsornya. Jika salah satu pihak yang terkait memiliki riwayat buruk di masa lalu maka ada baiknya untuk melupakan koin tersebut dan beralih melakukan riset pada koin lainnya. Tidak lupa juga tentang “networking” dengan membangun komunikasi yang baik dengan banyak investor “crypto” lain supaya mendapat informasi dan perkembangan terkini soal mata uang kripto.


Fahami sekaligus Kuasai Money management agar sanggup untuk  minim risiko. pada dasaranya Aktivitas degen sebenarnya sangat mirip dengan judi dimana nilai investasi anda berpotensi meningkat pesat dan juga turun sangat dalam. Untuk mencegah terjadinya kebangkrutan maka solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah melakukan investasi pada degen crypto senilai 2 sampai 5 persen dari total modal anda. Misalnya saat ini anda memiliki modal $100 maka langkah terbaik dalam melakukan “degen” adalah melakukan aksi beli menggunakan dana maksimal $2-5 saja jangan lebih dari itu dan Jika ternyata harga crypto meningkat pesat maka nilai investasi awal akan meningkat jadi $10-15 atau bahkan jauh lebih besar lagi, Namun jika nilai crypto yang dibeli turun drastis ke harga $0 maka uang anda yang hilang hanya dana modal awal yang anda transaksikan sehingga bisa dibilang tidak memiliki dampak signifikan terhadap kehidupan sehari-hari kita kedepannya.


Target sasaran Degen Crypto

Sebenarnya Para pelaku yang gemar investasi didunia mata uang digital tidak hanya menargetkan aset cripto ataupun token-token yang terkenal saja yang punya nama dan telah punya pangsa pasar luas, soalnya gini untuk aset cryptocurrency yang telah populer sebenarnya hanya mampu memberikan sedikit keuntungan karena  disebabkan oleh terbatasnya pergerakannya soalnya didalamnya selalu ada perlawanan antara buyer dan seller sehingga keduanya memiliki power yang sama seimbang, oleh sebeb itulah target mereka adalah berupa token  yang baru muncul, atau koin-koin micin yang dari segi harganya hanya berapa sen dolar bahkan kurang, karena token dan koin-koin kelompok tersebutlah yang mampu memberikan keuntungan puluhan bahkan ribuan kali dari modal yang mereka tanam hal ini disebabkan harga masih belum stabil.


Selain itu mereka juga tergolong sangat memperhatikan ICO , soalnya Initial Coin Offering ini memiliki nilai sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan besar, tapi kenyataannya banyak sekali dengan mencari  ICO semuanya berakhir menyakitkan, bahkan mulai dari harga yang merosot tajam sampai perginya developer membawa kabur dana para member yang telah ikut. Maka dari itulah sebenarnya aset  dari degen ini sebenarnya bukanlah tipe untuk para orang malas, namun mereka umumnya para pekerja keras dan sebagai bukti mereka sanggup seharian memantau pasar kripto, aktif berdiskusi pada forum atau grup tempat mereka berkumpul, dan juga sangat gesit  sekali dalam mencari informasi, Tapi yang namanya didunia itu sangat kejam sekaligus kerja keras sekali , soalnya tidak cukup untuk membuat anda menjadi kaya selain melakukan usaha kerja keras namun juga sangat dibutuhkan keberuntungan karena sifat dari keberuntungan yang sangat terbatas sebagian besar degen mengalami kerugian bahkan kalo bisa dipersentasikan perbandingan antara yang sukses itu paling banyak 10-20% saja dan sisanya semua mengalami  kerugian secara total.








*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post